Senin, 06 Desember 2010

Haniyah: Hamas Terima Perundingan Jika Rakyat Palestina Setuju


Haniyah: Hamas Terima Perundingan Jika Rakyat Palestina Setuju

Diposting pada Kamis, 02-12-2010 | 05:27:31 WIB
 Pemimpin Senior Hamas Ismail Haniyeh mengatakan pada hari Rabu kelompoknya akan menerima kesepakatan damai dengan Israel jika rakyat Palestina menyetujui dalam referendum.

"Hamas akan menghormati hasil (referendum) terlepas dari apakah itu berbeda dengan ideologi dan prinsip-prinsip kami," katanya.

Pernyataan itu tampaknya sinyal pergeseran dalam kebijakan lama yang menolak untuk menerima legitimasi Israel atau perjanjian damai yang dirundingkan oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

"Kami menerima sebuah negara Palestina di sesuai batas tahun 1967, dengan Jerusalem sebagai ibukotanya, pembebasan tahanan Palestina, dan penyelesaian masalah pengungsi," tambah Haniyeh, merujuk pada tahun perang Timur Tengah di mana Israel mencaplok  Yerusalem Timur dan wilayah Palestina lainnya.

Hamas telah sering mencemoohkan perundingan dengan Israel sebagai pemborosan waktu dan Haniyeh mengatakan ia tetap yakin bahwa perundingan damai tidak akan menghasilkan kesepakatan.

"Tidak akan ada solusi dengan dua negara di atas satu tanah ... Israel menginginkan tanah, perdamaian, dan keamanan dengan kami dan ini adalah sesuatu yang mustahil."

[muslimdaily.net/alarby]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar